Sambut Ramadan, SMP Muhammadiyah 1 Metro Selenggarakan Kajian Songsong Ramadan 1445 Hijriah

Categories:

Metro (08/03/24), Menyambut bulan suci Ramadan, guru staf/karyawan dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Metro ikuti Kajian Songsong Ramadan 1445 Hijriah pada Hari Jumat, Tanggal 08 Maret 2024.

Seperti kita ketahui bahwa bulan ramadan adalah bulan yang penuh akan kemudahan pahala, ampunan oleh karena SMP Muhammadiyah 1 Metro melalui bidang ISMUBA dan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMP Muhammadiyah 1 Metro kembali selenggarakan Kajian Songsong Ramadan, sebagai pengingat dalam mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Kajian Songsong Ramadan Tahun 1445 Hijriah ini di isi oleh Ustad Burhan Isro’i,M.Pd.I dan diikuti oleh seluruh guru, staf/karyawan dan seluruh siswa yang berjumlah kurang lebih 400 jama’ah. kegiatan ini dilaksanakan di Masjid At-Taqwa Panti Asuhan Budi Utomo pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB.

Dalam Kegiatan pembuka sebelum pemateri menyampaikan isi kajiannya, Drs. Marwan Arifin selaku Wakil Sekolah yang membidangi Kurikulum menyapaikan prakatanya sekaligus juga menyampaikan maklumat dari sekolah yang berisikan kalender kegiatan akademik SMP Muhammadiyah 1 Metro sebagai pedoman dalam menjalan kegiatan belajar mengajar selama bulan suci Ramadan.

Adapun isi materi yang disampaikan dalam Kajian Songsong Ramadan kali ini ialah Ramadan adalah bulan menahan diri dari makan dan minum serta menahan diri dari hawa nafsu yang dapat menggugurkan puasa itu sendiri. Ustad Burhan dalam kutipan materinya menyapaikan bahwa “Puasa itu perintah agama, bahkan masuk dalam rukun Islam, sehingga wajib hukumnya bagi orang yang sehat, dan wajib hukumnya bagi orang yang warah untuk berpuasa.” ujar burhan. Beliau juga menambahkan “Tentu tidak mudah orang yang puasa itu, kesiapan iman, jiwa dan raga harus dijaga supaya puasa kita tidaklah sia-sia”. imbuhnya.

Dalam wawancara singkat dengan Cahaya Ramadhani yang merupakan siswa kelas VII mengungkapkan bahwa “Alhamdulillah.. kita diberikan kesempatan untuk mengikuti kajian songsong ramadan di tahun ini, saya pribadi juga bersyukur bersekolah di SMP Muhammadiyah 1 Metro karena disekolah ini program-program Islami sangat menonjol yang mungkin tidak ditemukan disekolah lain.” ujar Cahaya.

Berjalan selama kurang lebih dua jam, kegiatan ini berjalan dengan sangat gembira oleh seluruh peserta kajian, dan mari kita sama-sama berdoa supaya ramadan tahun ini bisa menjadi lebih baik dari ramadan tahun kemarin dan bisa dipertemukan diramadan yang akan datang Aamiin..