IPM SMP Muhammadiyah 1 Metro Budayakan Literasi Islami Dengan Kajian Rutin Jumat

Categories:

Metro (27/01/23), Pimpinan Ranting IPM SMP Muhammadiyah 1 Metro selenggarakan kajian rutin setiap jumat untuk membudayakan literasi islami di sekolah.

Kegiatan yang di inisiasi oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah 1 Metro ini dilaksanakan setiap hari Jumat yang dimulai sejak pukul 06.30 sampai dengan 07.15 WIB sebagai upaya dalam mendukung salah satu pilar inti visi sekolah yakni “Berkepribadian Muslim”.

SMP Muhammadiyah 1 Metro dalam visinya “Berkepribadian Muslim, Cerdas, Berprestasi dan Unggul” berupaya untuk membudayakan budaya-budaya islami sebagai identitas yang melekat pada diri lembaga pendidikan di Muhammadiyah salah satunya ialah dengan membudayakan literasi di lingkungan sekolah diantaranya, tadarus sebelum belajar, sholat duha bersama, sholat dzuhur berjamaah dan kegiatan-kegiatan kajian rutin siswa.

Dalam keterangan singkatnya Mujiran selaku Wakil Kepala Sekolah yang membidangi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan menyampaikan “Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) terkhusus dibidang pendidikan harus tetap pada jalurnya, selain sebagai lembaga yang mencerdaskan kehidupan bangsa tetapi juga mencerahkan kehidupan bangsa yakni dengan mengaji” ujar Mujiran.

Selain itu Alif Al Husna selaku Ketua Umum Pimpinan Ranting IPM SMP Muhammadiyah 1 Metro juga mengungkapkan bahwa “Kajian Rutin Jumat adalah satu dari program IPM SMP Muhammadiyah 1 Metro khusunya bidang dakwah sebagai upaya dalam mendukung program sekolah memalui literasi islami” ungkap Alif.

Kajian yang diselenggarakan satu pekan sekali ini menjadi salah satu kegiatan rutin yang diselengarakan untuk seluruh siswa di SMP Muhammadiyah 1 Metro, selain kajian duha yang dikhususkan untuk siswi yang sedang berhalangan melaksanakan sholat serta kultum setiap setelah selesai sholat dzuhur berjama’ah. Selain itu program-program lain akan terus diinisiasi untuk lebih menggembirakan khasanah keislaman di sekolah